Wednesday, January 16, 2013

Reading Summary 2012

Setelah di dua tahun sebelumnya saya gagal mencapai target baca tahunan, tahun 2012 kemarin saya akhirnyaa... gagal lagi! ahahah *tawa nelangsa*

Tetapi saya boleh bahagia, karena kegagalan ini adalah kegagalan yang indah *HAH?!* Ya bolehlaah dikatakan indah, mengingat di tahun-tahun sebelumnya saya cuma bisa membaca di kisaran angka 25 buku, sedangkan di tahun 2012 saya bisa menyelesaikan 74 buku (alhamdulillah) *tepok tangannya doong*

Mm.. tapi "menyelesaikan 74 buku" sebenarnya kurang tepat juga; karena dari 74 itu ada 2 buku yang gagal finish, dan karena tidak ada niat untuk melanjutkan membaca maka saya anggap saja selesai. Kedua buku itu adalah Delirium dan Divortiare.

Duo gagal finish >_<

Dan dari "74 buku" itu ada yang;
(1) berupa novela/novelet dan malah short story; Metamorphosis dan The Canterville Ghost. Judul yang ke-2 saya masukkan karena berupa 1 ebook utuh jadi kan itungannya 1 buku :p Dan saya kan ga bilang "74 novel" tapi "74 buku" *ngeles ajaa teruuss*
(2) berupa buku anak, yang tentunya tipis-tipis saja, yaitu buku-buku Roald Dahl. Tercatat 9 buah buku Roald Dahl masuk dalam daftar.

Eniwei, saya sendiri ga segitu seriusnya soal berapa jumlah buku yang dibaca. Saya juga ga bisa terlalu mematok diri harus baca sekian buku, karenanya mulai tahun kemarin sebenarnya saya ga punya target. Akan tetapi di awal bulan November (meski hanya tersisa 2 bulan sebelum akhir tahun), demi mengikuti program BBI Berbagi yang berbasis target baca, saya menetapkan target 80 buku. Dan seperti yang bisa dilihat, target itu pun gagal :p (tapi alhamdulillah tetap ada rejeki jadi niat suci ikut menyumbang untuk BBI Berbagi-nya ga ikutan gagal :D)

Dari buku-buku yang dibaca di 2012, saya sudah membuat Book Kaleidoscope-nya. Terpilih 9 Buku Terfavorit yang pernah saya posting di sini. Lalu ada pula Anugerah Cowok Fiksi Terfavorit dan Best Book Covers 2012.

Statistik
Buku dalam bahasa Inggris, baik bhs.Inggris sebagai bahasa asli maupun terjemahan (Eng): 24
Buku terjemahan dalam bahasa Indonesia (t): 31
Buku oleh pengarang Indonesia (Ind): 19
Ebook (e): 15
Buku dari pengarang yang baru bagi saya (d/debut): 34

Kalau dari statistik, jumlah terbesar masih dipegang oleh novel terjemahan. Kehadiran buku-buku berbahasa Inggris mulai menunjukkan tren meningkat di pertengahan tahun. Salahkan Clockwork Prince yang menjadi pemicu keroyalan saya membeli buku berbahasa Inggris (yang dahulu sangat jarang saya beli karena lebih mahal).

Yang bikin saya selanjutnya jadi royal, hobi belanja buku import XD

Dan meski sangat suka membaca ebook, ternyata jumlah ebook yang saya baca tahun lalu hanya 15 buku, atau sekitar 20% dari total bacaan. Nah, jadi, kepada para penerbit printed books, no worries okeh :D

Namun dari jumlah 15 ebook tersebut bisa terlihat bahwa saya mulai mengandalkan ebook untuk genre Classic. Tampaknya ini semata karena ketersediaan terjemahan. Sebab ketika tersedia terjemahan Indonesia-nya, dalam beberapa kesempatan saya masih lebih memilih terjemahan ketimbang ebook (Pride and Prejudice, A Tale of Two Cities, Mansfield Park, Metamorphosis).

Buku klasik terjemahan, terutama yang covernya ganteng (ehm) masih disukai :D

Untuk genre, rupanya kesetiaan saya pada Classic, Children, YA, Fantasy dan Dystopia masih mendominasi. Ada beberapa metropop/chiclit bahkan terselip adult romance \(^v^)\ tapi itu sedikit sekali. Meski masih dalam lingkup genre aman, bukan berarti saya ga bisa mencicipi hal baru, karena terdapat 34 judul yang berasal dari pengarang-pengarang yang baru bagi saya.

Lalu, berapa jumlah yang direview? *menunduk malu*

Yah, tahun lalu saya masih bisa ngeles dengan alasan baru bergabung BBI di kuartal akhir, sehingga ga banyak review yang saya telurkan. Tapi tahun ini, semangat! Apalagi dengan ikut serta dalam berbagai reading challenge yang mengharuskan saya menulis review, moga makin melecut saya untuk menghadirkan posting-posting review yang berbobot dan bergizi *cetaaarr*

PS: maafkan kalau mata saya siwer dan ternyata ada kesalahan hitung dalam info statistik :p

Daftar buku yang dibaca di 2012:
1. City of Ashes (Cassandra Clare); t
2. City of Glass (Cassandra Clare); t
3. Clockwork Angel (Cassandra Clare); t
4. City of Fallen Angels (Cassandra Clare); t
5. The Picture of Dorian Gray (Oscar Wilde); Eng, e, d
6. The Phantom of The Opera (Gaston Leroux); Eng, e, d
7. Hugo Cabret (Brian Selznick); t, d
8. Twitografi Asma Nadia (Asma Nadia); Ind
9. Nadrenaline (Nadine Chandrawinata); Ind, d
10. Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin (Tere-Liye); Ind
11. Clockwork Prince (Cassandra Clare); Eng
12. Charlie and The Chocolate Factory (Roald Dahl); t
13. Charlie and The Great Glass Elevator (Roald Dahl); t
14. Esio Trot (Roald Dahl); t
15. The Magic Finger (Roald Dahl); t
16. The Enormous Crocodile (Roald Dahl); t
17. Fantastic Mr Fox (Roald Dahl); t
18. The Giraffe and The Pelly and Me (Roald Dahl); t
19. Danny The Champion of The World (Roald Dahl); t
20. The Hunger Games (Suzanne Collins); t, d
21. Catching Fire (Suzanne Collins); t
22. Mockingjay (Suzanne Collins); t
23. Pride and Prejudice (Jane Austen); t, d
24. Catatan Ichiyo (Rei Kimura); t, d
25. Partikel (Dee); Ind
26. Fifty Shades of Grey (E. L. James); Eng, e, d
27. James and The Giant Peach (Roald Dahl); t
28. Winter Dreams (Maggie Tiojakin); Ind, d
29. Sejuta Pelangi (Oki Setiana Dewi); Ind, d
30. Noni: Nyanyian Ibu (Bung Smas); Ind
31. 99 Cahaya di Langit Eropa (Hanum Rais - Rangga Almahendra); Ind, d
32. Noni: Hantu Penculik (Bung Smas); Ind
33. The Devil's Whisper (Miyuki Miyabe); t, d
34. Metamorphosis (Kafka); t, d
35. Fifty Shades Darker (E. L. James); Eng, e
36. Fifty Shades Freed (E.L. James); Eng, e
37. Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah (Tere Liye); Ind
38. Hello Goodbye (Ayuwidya); Ind, d
39. Daisyflo (Yennie Hardiwidjaja); Ind, d
40. Sunshine Becomes You (Ilana Tan); Ind
41. If I Stay (Gayle Forman); t, d
42. Where She Went (Gayle Forman); t
43. Perahu Kertas (Dee); Ind
44. The Espressologist (Kristina Springer); t, d
45. Divortiare (Ika Natassa); Ind, d
46. Cantik Itu Luka (Eka Kurniawan); Ind, d
47. A Midsummer Night's Dream (William Shakespeare); Eng, e, d
48. City of Lost Souls (Cassandra Clare); Eng
49. Hamlet (William Shakespeare); Eng, e
50. The Comedy of Errors (William Shakespeare); Eng, e
51. The Importance of Being Earnest (Oscar Wilde); Eng, e
52. Out Of My Mind (Sharon M. Draper); Eng, d
53. Lady Windermere's Fan (Oscar Wilde); Eng, e
54. A Tale of Two Cities (Charles Dickens); t, d
55. The Perks of Being A Wallflower (Stephen Chbosky); Eng, d
56. The Castle in The Pyrenees (Jostein Gaarder); Eng
57. Memory and Destiny (Yunisa KD); Ind, d
58. Divergent (Veronica Roth); t, d
59. Delirium (Lauren Oliver); t, d
60. The Fault in Our Stars (John Green); Eng, d
61. Battle Royale (Koushun Takami); Eng, d
62. Tokyo Zodiac Murders (Soji Shimada); t, d
63. Mansfield Park (Jane Austen); t
64. Matched (Ally Condie); t, d
65. Blue Romance (Sheva); Ind, d
66. Snow Country (Yasunari Kawabata); t, d
67. Romeo and Juliet (William Shakespeare); Eng, e
68. The Canterville Ghost (Oscar Wilde); Eng, e
69. Fahrenheit 451 (Ray Bradbury); Eng, d
70. Negeri Para Bedebah (Tere Liye); Ind
71. Life of Pi (Yann Martel); Eng, e
72. Sense and Sensibility (Jane Austen); Eng, e
73. The Casual Vacancy (J.K. Rowling); Eng
74. The Merchant of Venice (William Shakespeare); Eng, e

6 comments:

  1. selamat.... semoga di 2013 bisa baca banyak buku yang lebih berkualitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan lupa tepok tangannya mas *teteuup XD

      Delete
  2. waaaa clockwork prince bahasa inggrisnya.. >.< *
    aku jarang baca bahasa inggris hehehe mbak, yang classic itu ada ebook terjemahan bhs indonesianya, gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu Clockwork Prince tergoda karena ada embel2 "Collector's First Edition" LOL
      Ebook Classic itu bhs. Inggris tentunya, klo terjemahan printed :)

      Delete
  3. Mbak, clockwork prince nya beli dimana? Udah hardcover, collector's first edition pula lagi.. Ngiri saya hahaha..

    ReplyDelete
  4. mbak bisa bagi link ebook terjemahan untuk novel where she went-nya.. di kota aku kalau buku terjemahan susah masuknya.. padahal udah penasaran sekali karena novel sebelumnya yang if i stay itu. lihat filmnya sampe gimana gitu rasanya heehe

    ReplyDelete