Thursday, April 4, 2013

Menjajal Keranjang Opentrolley

Bukan rahasia lagi kalau saya suka belanja online, termasuk belanja buku, terutama sekali buku import. Dari semua yang pernah saya coba, beberapa tersingkir secara alami dari daftar re-visit karena berbagai hal; entah karena ongkir mahal, website yang ribet, dan berbagai alasan lain.

Kali ini, dengan berbekal sebuah gift voucher, saya mencoba Opentrolley.

Opentrolley merupakan toko buku online yang berasal dari Singapura dan mulai melayani pecinta buku Indonesia pada 2012 lalu. Seperti apa ya belanja di sini?

Tampilan dan kesan
Opentrolley memiliki tampilan yang user friendly. Bersih dan rapi, dengan pakem-pakem yang biasa ada di online shop; area membership (log in, cart, dll) ada di paling atas, begitu pula kotak search (kotak yang pasti penting banget untuk calon pembeli).

Jika kita mencari sebuah judul, data dasar yang dibutuhkan bisa kita lihat. Yang saya suka, dari sekian banyak edisi untuk satu judul, kita bisa langsung mengetahui mana yang hardback, paperback, mass market, maupun tipe binding/kertas lainnya. Jadi, kita tak perlu mengklik masing-masing buku terlebih dulu hanya untuk memastikan jenis binding/kertasnya, how convenient!


Halaman yang memperlihatkan informasi sebuah buku enak dilihat, dengan gambar cover buku yang besar - ini pasti bikin kita tambah ngiler pengen beli :p

Ada toko buku online yang kadang salah memberikan gambar cover untuk edisi yang dimaksud. Sejauh ini di Opentrolley, saya belum menemukan kesalahan pencantuman gambar cover. Semoga ga ada ya ;) [edit: ternyata ada yang mengalami ketidaksesuaian cover, catatan tambahan nih buat Opentrolley]

tampilan cover gedee jadi napsuin bgt XD

Selain itu, ada informasi tambahan seperti Feature. Keterangan tambahan ini memberi kita gambaran lebih tentang buku yang hendak kita beli. Contohnya buku The Secret Garden edisi Penguin Deluxe ini (yang pernah juga saya pamerkan di posting yang ini XD), ada keterangan Deckle Edges. Keterangan ini sangat membantu, mereka yang kurang menyukai jenis trimming seperti ini bisa langsung mencari edisi lain.
Contoh Feature untuk buku The Secret Garden edisi Penguin Deluxe (Penguin Threads)

Yang agak disayangkan, kita tidak bisa search dengan kata kunci penerbit.

Transaksi
Setelah keliling-keliling toko, akhirnya pilihan saya mengerucut pada buku-buku Tennessee Williams berikut;


Saya memilih salah satu dari ke-4 buku tersebut. Order di Opentrolley tidak rumit, dan kita akan mendapat 3 email penting yang wajib ada di setiap online shop; invoice, konfirmasi pembayaran, dan dispatched.

Waktu Tiba
Meski juga memiliki basis di Jakarta, buku-buku Opentrolley tidak ready stock di Indonesia, karenanya waktu tibanya pun sama dengan apabila kita membeli di toko buku import online lain, meski tetap lebih cepat. Buku yang saya order, dibayar pada 14 Maret, dispatched 25 Maret dan tiba di pangkuan saya pada 26 Maret, jadi kira-kira 9 hari kerja. Cukup cepat kan.

Kelebihan lain, paket buku dari Opentrolley dikirimkan dengan kurir tercatat. Jadi kalau mulai cemas si paket tiada kunjung tiba, kita bisa lebih mudah mengeceknya.

Pengemasan
Buku tiba di tangan saya dalam kemasan cardboard dan bubble wrap, dan kemudian dibungkus plastik dari jasa kurir. Ini membuat buku benar-benar terbungkus aman.

Saya kurang tahu apakah buku sudah dikemas seperti itu sejak dari gudang di luar negeri. Jika pengemasan ini dilakukan di Indonesia, jadi agak sedikit "mubazir" karena jarak tempuh paket toh tak terlalu jauh. Saya sering menerima paket buku lokal yang hanya terbungkus koran dan sampul coklat namun tetap aman sentosa. Yang lebih penting sebenarnya justru pengemasan dari gudang di luar negeri ke Indonesia. Namun memang, menerima paket seperti ini rasanya senang ya karena memberi kesan pesanan kita diperlakukan dengan baik dan hati-hati.

Yook buka paket! (/^_^)/

Pelindung 1: Terbungkus plastik jasa kurir
Pelindung 2: Cardboard
Pelindung 3: Bubble wrap
Jreng! Ini dia belanjaan saya;
si merah menyala A Streetcar Named Desire,
sebuah naskah drama dari Tennessee Williams



Harga
Nah kita sampai juga di soal harga.

Rata-rata harga Opentrolley memang agak lebih mahal dari toko buku import online langganan saya. Tetapi sebenarnya, kira-kira setara dengan harga di toko-toko penyedia buku import yang tersebar di Jakarta.

Ongkos kirim berlaku flat untuk pembelian berapapun, jadi enak kalau misalnya beli boxset yang endut dan berat atau beli beberapa buku sekaligus, ongkirnya tetap sama.

*

Secara keseluruhan, belanja di Opentrolley cukup menyenangkan. Terima kasih vouchernyaa *kecup basah*

Yang mau intip atau langsung belanja, bisa langsung ke http://opentrolley.co.id yaa

*

Kamu akan suka belanja di Opentrolley, jika:
  • Kamu ga sanggup deg-degan nunggu paket terlalu lama
  • Kamu baru merasa aman jika paket dikirim dengan kurir tercatat
Harapan untuk Opentrolley:
  • Seasonal discount, dengan memberikan harga spesial untuk beberapa jenis buku secara berkala. (saya titip diskon buku klasik ya *e malah rikues pribadi* >.<)
  • Free ongkir sangat diharapkan :p
  • Point reward untuk pembeli.

11 comments:

  1. Lengkap ih reviewnya...hihihi. Setuju pake banget buat semua point yg ada di "Harapan" :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. sila ditambahkan daftar harapannya :D

      Delete
  2. buku paperback, jarak dekat dan satu eks saja dikemasnya seperti buku mahal dan jarak jauh ya (buku Folio Society)... berlebihan deh..
    (mengharap dapet gift voucher..)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah, makanya kubilang "agak mubazir" tapi di sisi lain kita jd ngerasa orderan diperlakukan dgn baik :D

      Delete
  3. Wuidiiih lengkap!

    Seandainya harganya bisa lebih murah pasti lebih enak ya. ehehe. Abis, dibandingin sama periplus juga lebih mahal kan tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi klo kita udah punya Elite Card di Peri :p
      kira2 sih setara sama Kinokuniya

      Delete
  4. Nice review!
    Utk OT snediri aku masih kurang sreg sama metode pembayarannyaa

    ReplyDelete
  5. ah keren banget nih postingannya

    ReplyDelete
  6. Saya pesen buku di opentrolley yg statusnya restocking estimasi sampainya ampe sebulan lebih...msh harap2 cemas nungguin skrg

    ReplyDelete
  7. Saya pesen buku di opentrolley yg statusnya restocking estimasi sampainya ampe sebulan lebih...msh harap2 cemas nungguin skrg

    ReplyDelete