Friday, May 31, 2013

Autumn Once More

Judul: Autumn Once More
Penulis: Ilana Tan, Ika Natassa, AliaZalea, dkk
Penerbit: GPU
ISBN: 9789792294712
Halaman: 232


Autumn Once More berisi 13 cerpen metropop dari 13 penulis, dengan satu benang merah; cinta.

Ada cinta yang galau dari seorang Rachel di antara pria pilihan keluarga atau Erik, dalam Thirty Something (Anastasia Aemilia). Ada cinta yang sempat menghilang dan memberi kesempatan kedua (Be Careful What You Wish For, aliaZalea), cinta yang terjebak dalam lift (Stuck With You, Christina Juzwar), cinta dalam balutan kegilaan yang posesif (Tak Ada Yang Mencintaimu Seperti Aku, Hetih Rusli), cinta yang rela melepaskan untuk kembali mendekap (Her Footprints on His Heart, Lea Agustina Citra), cinta yang menjadi ragu karena media social (Love is A Verb, Meilia Kusumadewi), maupun cinta pada sang mama (The Unexpected Surprise, Nina Andiana).

Judul Autumn Once More sendiri diambil dari judul cerpen karya Ilana Tan, yang rupanya adalah side story dari Autumn In Paris.

Sebuah senja yang sempurna dibentangkan di langit. Senja itu kupesan khusus untuk seorang perempuan yang sudah setahun tidak kutemui, perempuan yang telah bertahun-tahun lamanya mencintaiku ~ Senja Yang Sempurna

Cerpen favorit saya adalah Jack Daniel's vs Orange Juice (Harriska Adiati), bercerita tentang cowok yang berusaha jadi baik karena jatuh hati pada anak pak haji, dengan ending yang bikin cengar-cengir miris :D Juga Perkara Bulu Mata (Nina Addison), yang berhasil menangkap pertanda cinta dalam bentuk perhatian yang sederhana seperti perhatian pada bulu mata. Lalu Senja Yang Sempurna (Rosi L. Simamora) yang puitis yang setidaknya menawarkan diksi yang menarik. Tak ketinggalan Cinta 2x24 Jam (Shandy Tan), sebuah cerpen yang berhasil bikin saya ngikik geli.

"I love you, mom," Lingga mengakhiri teleponnya.
I love you too, balasku tanpa suara.
~ Cinta 2x24 Jam

Di antara 13 cerpen ada satu cerpen yang tidak saya baca yaitu Critical Eleven (Ika Natassa), karena belum apa-apa saya sudah ga tahan sama bahasa campur-aduknya.

Cinta, bisa terjadi di mana saja, kapan saja, pada siapa saja. Pembaca juga bisa berbagi cinta pada sesama dengan membeli buku ini, karena semua royalti akan disumbangkan melalui Dana Kemanusiaan Kompas.

Secara keseluruhan Autumn Once More ini ringan-ringan saja, jenis yang bisa menemani kita santai menunggu bus transjakarta atau ngopi-ngopi; tanpa beban mengalir. Tanpa beban pula terlupakan...



Dibuat untuk:
- Baca Bareng BBI tema Kumcer

2 comments:

  1. paling suka cerpennya Ika Natassa, g sabar nunggu bukunyaaaaaa :)

    ReplyDelete